Notification

×

Iklan

Iklan


Ratu Margrethe II Kembali ke Kastil Fredensborg Setelah Dirawat di Rumah Sakit Akibat Jatuh

Jumat, 20 September 2024 | September 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-20T15:32:28Z

 

Ratu Margrethe II Kembali ke Kastil Fredensborg Setelah Dirawat di Rumah Sakit Akibat Jatuh

EKSEMPLAR.COM — Ratu Margrethe II dari Denmark, yang mengejutkan negaranya dengan mengundurkan diri dari takhta awal tahun ini, telah dipulangkan dari rumah sakit setelah mengalami cedera akibat jatuh pada minggu ini. 


Dalam insiden tersebut, sang ratu mengalami kerusakan pada tulang leher serta patah pada tangan kiri, demikian diumumkan oleh Istana Kerajaan pada hari Jumat (19/9).


Ratu berusia 84 tahun itu saat ini harus menggunakan gips di tangan kirinya dan mengenakan penyangga leher kaku untuk beberapa bulan ke depan sebagai bagian dari proses pemulihan, menurut pernyataan resmi Istana.


Margrethe sebelumnya dirawat di rumah sakit universitas di Kopenhagen pada Rabu malam setelah terjatuh di Kastil Fredensborg, yang terletak di sebelah utara ibu kota Denmark. 


Setelah observasi lebih lanjut, kondisi sang ratu dikatakan stabil, tetapi dia diperkirakan akan menjalani masa pemulihan yang cukup panjang.


Dalam pernyataan yang sama, pihak kerajaan menyebutkan bahwa ibu dari Raja Frederik X tersebut "bersemangat dan dalam keadaan baik." 


Meski demikian, sejumlah agenda publik Ratu Margrethe terpaksa dibatalkan demi mendukung pemulihannya.


Kejadian ini terjadi beberapa bulan setelah pengunduran diri Ratu Margrethe, yang menjadi ratu Denmark pertama yang turun takhta dalam hampir 900 tahun. 


Pada Januari lalu, sang ratu menyerahkan takhta kepada putranya, Raja Frederik X, setelah 52 tahun memimpin kerajaan. 


Keputusan untuk abdikasi ini cukup mengejutkan, mengingat Ratu Margrethe sebelumnya sering menyatakan tidak akan meninggalkan jabatannya. 


Namun, setelah menjalani operasi punggung besar dan berbagai masalah kesehatan, Margrethe mengakui bahwa kesehatannya tak lagi memungkinkan untuk melaksanakan tugas-tugas kerajaan seperti dulu.


"Seiring waktu, tubuh kita akan menua," ujar Margrethe dalam pidato Tahun Baru yang menandai niatnya untuk turun takhta, suatu pengumuman yang membuat rakyat Denmark terkejut.


Sebelum jatuh, Ratu Margrethe tetap aktif menghadiri beberapa acara resmi meski sudah menyerahkan tugas kerajaan kepada Raja Frederik. 


Minggu ini, ia sempat menghadiri konferensi multiple sclerosis di Bella Center Copenhagen serta memberikan penghargaan Rungstedlund di Museum Karen Blixen. 


Namun, partisipasinya dalam perayaan ulang tahun kelima Departemen Arkeologi Universitas Aarhus terpaksa dibatalkan akibat insiden tersebut.


Meskipun telah menjalani masa pensiun dari jabatan ratu, kesehatan dan aktivitas Margrethe masih menjadi perhatian besar bagi rakyat Denmark dan pengamat kerajaan.***