Notification

×

Iklan

Iklan


PDIP Dikabarkan Bakal Usung Anies Baswedan dan Ono Surono di Pilgub Jabar 2024, Kejutan Menanti di Menit Terakhir

Kamis, 29 Agustus 2024 | Agustus 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-29T13:46:09Z

 

PDIP Dikabarkan Bakal Usung Anies Baswedan dan Ono Surono di Pilgub Jabar 2024, Kejutan Menanti di Menit Terakhir

EKSEMPLAR.COM - Menjelang detik-detik penutupan pendaftaran Pilkada 2024, kabar mengejutkan datang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 


Partai berlambang banteng ini dikabarkan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jawa Barat (Jabar), didampingi oleh Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono. 


Informasi ini memicu spekulasi luas di tengah publik yang menantikan langkah terakhir PDIP sebelum penutupan pendaftaran.


Bendahara DPC PDIP Kota Bandung, Folmer Silalahi, mengungkapkan bahwa keputusan ini hampir pasti. 


Ia menyatakan ada kemungkinan besar, sekitar 95%, bahwa PDIP akan secara resmi mengusung Anies Baswedan dan Ono Surono sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jabar dalam Pilgub Jabar 2024.


“95% kami akan mengusung Anies-Ono,” ujar Folmer ketika dihubungi oleh awak media pada Kamis (29/8/2024). 


Folmer menjelaskan bahwa keputusan ini diambil setelah melihat unggahan dari Ono Surono di media sosial yang mengisyaratkan adanya kejutan dari PDIP untuk Pilgub Jabar. 


Simpatisan dan kader PDIP di Jabar pun disebut-sebut telah siap mendukung langkah partai tersebut.


Menurut Folmer, seluruh proses sedang berjalan, dan pendaftaran resmi ke KPUD Jabar diperkirakan akan dilakukan malam ini.


“Kami hampir pasti bahwa malam ini DPD PDIP Jabar akan mendaftarkan pasangan Anies Baswedan dan Kang Ono Surono,” jelasnya.


Meski demikian, Folmer menekankan bahwa pihaknya masih menunggu perkembangan lebih lanjut untuk memastikan pendaftaran berjalan sesuai rencana. 


Keberangkatan pasangan calon menuju KPUD Jabar menjadi penentu langkah akhir ini.


Selain itu, Ketua DPP Bidang Politik PDIP, Puan Maharani, juga ikut angkat bicara terkait isu ini. Saat dimintai pendapatnya oleh media, Puan enggan memberikan konfirmasi langsung. 


Ia menyarankan semua pihak untuk menunggu hingga batas akhir pendaftaran pada pukul 23.59 WIB.


“Kita lihat sampai sore nanti, karena waktu pendaftaran masih hingga sore,” ujar Puan singkat saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.


Kabar PDIP akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jawa Barat muncul setelah partai tersebut memutuskan untuk tidak mengusung Anies dalam Pilgub Jakarta 2024. 


Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, sebelumnya juga menyampaikan bahwa PDIP akan memberikan kejutan di hari terakhir pendaftaran. 


Ia menegaskan, partainya akan memilih calon yang diterima oleh masyarakat Jabar, meskipun tidak berasal dari internal PDIP.


“Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang akan kami usung adalah figur yang akan memberikan kejutan kepada rakyat Jawa Barat dan diterima dengan baik, meskipun bisa jadi bukan kader PDIP dan bisa berasal dari partai lain,” ujar Ono.


Ono menekankan bahwa Jawa Barat adalah provinsi dengan pemilih terbanyak di Indonesia. 


Oleh karena itu, PDIP sedang mempertimbangkan pasangan calon dengan cermat, untuk menghadirkan pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Jawa Barat.


“Mudah-mudahan PDI Perjuangan bisa mendaftarkan pasangan calon di detik-detik terakhir pendaftaran. Mohon doa dari rakyat Jawa Barat,” pungkasnya.


Apakah benar PDIP akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jabar, atau apakah ini hanya spekulasi semata? 


Publik harus menunggu hingga batas waktu pendaftaran Pilkada 2024 berakhir untuk mendapatkan jawaban pasti.


Informasi ini disadur dari berbagai sumber, bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca setia Eksemplar.com.*