Notification

×

Iklan

Iklan


Anies Baswedan Tidak Maju di Pilkada 2024: “Kita Jaga Suasana Teduh dan Tenang”

Jumat, 30 Agustus 2024 | Agustus 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-30T14:44:20Z

 

Anies Baswedan Tidak Maju di Pilkada 2024: “Kita Jaga Suasana Teduh dan Tenang”

EKSEMPLAR.COM – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dipastikan tidak akan maju dalam kontestasi Pilkada 2024. 


Anies, yang sempat menjadi kandidat potensial untuk Pilgub Jakarta, memberikan pesan kepada para pendukungnya agar tetap menjaga suasana yang teduh dan tenang di tengah dinamika politik yang berkembang.


“Pokoknya buat kita semua, kita terus jaga suasana yang saling menghormati, menghargai suasana teduh tenang,” ujar Anies kepada wartawan di rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024).


Menurut Anies, demokrasi seharusnya membawa manfaat bagi rakyat, bukan hanya untuk segelintir orang atau elite politik. 


Meski akhirnya tidak maju dalam Pilkada 2024, Anies meyakini bahwa keputusan yang ada saat ini merupakan yang terbaik.


“Jadi ketika kemudian hasil yang kita saksikan seperti sekarang, ya saya yakin ini pasti yang terbaik,” ucap Anies dengan penuh keyakinan.


Sebelumnya, Anies Baswedan sempat disebut-sebut akan maju dalam Pilgub Jakarta, bahkan dikabarkan akan diusung oleh PDIP untuk berpasangan dengan aktor sekaligus politisi Rano Karno. 


Namun, pada detik-detik terakhir, PDIP mengubah arah dukungannya dengan mengusung Pramono Anung dan Rano Karno sebagai pasangan calon dalam Pilgub Jakarta.


Tak hanya itu, muncul pula rumor bahwa Anies akan maju sebagai calon wakil gubernur di Jawa Barat. 


Namun, Anies menolak tawaran tersebut, dengan alasan bahwa tidak ada aspirasi kuat dari masyarakat Jawa Barat yang memintanya untuk maju di kontestasi tersebut.


“Kalau di Jakarta memang banyak aspirasi warga masyarakat yang meminta Mas Anies untuk maju di Pilkada Jakarta, dan itu juga refleksi dalam keputusan partai di tingkat wilayah dan daerah yang meminta Anies maju di Pilkada Jakarta, dan itu sudah beberapa.  Namun memang Jawa Barat itu tidak ada secara khusus permintaan dari warga masyarakat, maupun aspirasi dari partai politik di tingkat daerah,” jelas Sahrin Hamid, juru bicara Anies, dalam sebuah jumpa pers pada Kamis (29/8).


Kini, dengan tidak majunya Anies dalam kontestasi Pilkada 2024, ia menekankan pentingnya menjaga ketenangan dan suasana damai dalam berpolitik. 


Anies berharap, proses demokrasi yang berlangsung saat ini dapat memberikan manfaat besar bagi rakyat dan tidak hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu.


Informasi ini disadur dari berbagai sumber, bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca setia Eksemplar.com.*