Notification

×

Iklan

Iklan


Anies Baswedan Tak Maju Pilgub Jawa Barat 2024, Ini Alasan Lengkapnya

Jumat, 30 Agustus 2024 | Agustus 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-30T00:38:16Z

 

Anies Baswedan Tak Maju Pilgub Jawa Barat 2024, Ini Alasan Lengkapnya
Foto : DetikNews

EKSEMPLAR.COM - Anies Baswedan secara resmi tidak akan maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2024. 


Keputusan ini disampaikan oleh juru bicaranya, Sahrin Hamid, hanya beberapa jam sebelum pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) ditutup pada Kamis (29/8) pukul 23.59 WIB.


Sahrin Hamid menegaskan bahwa meskipun nama Anies Baswedan sempat santer disebut-sebut bakal diusung oleh PDI Perjuangan untuk maju di Pilgub Jabar, termasuk rumor bahwa Ono Surono akan mendampinginya sebagai calon wakil gubernur, Anies memutuskan untuk tidak melanjutkan langkah politiknya di provinsi tersebut.


"Di Jakarta memang banyak aspirasi warga yang meminta Mas Anies maju di Pilkada. Ini juga merupakan refleksi dari keputusan partai di tingkat wilayah dan daerah yang meminta beliau untuk maju di Pilkada Jakarta," ujar Sahrin dalam siaran langsung di CNN Indonesia TV. 


Namun, ia menambahkan, "Untuk Jawa Barat, tidak ada permintaan khusus dari masyarakat ataupun aspirasi dari partai politik di tingkat daerah."


Sahrin juga menjelaskan bahwa meskipun ada komunikasi antara Anies dan sejumlah partai politik, tidak ada pembicaraan yang mengarah pada teknis pencalonan Anies di Jawa Barat. 


Hal inilah yang akhirnya memastikan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut tidak akan maju dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024.


"Memang ada komunikasi antara parpol dan Mas Anies, namun setelah mempertimbangkan berbagai hal, diputuskan bahwa beliau tidak maju di Pilkada Jabar," kata Sahrin.


Seiring dengan keputusan tersebut, PDI Perjuangan akhirnya mendaftarkan kader mereka sendiri, yaitu Jeje Wiradinata, Bupati Pangandaran, sebagai calon gubernur Jawa Barat. Posisi calon wakil gubernur diisi oleh Ronal Sunandar Surapradja, yang lebih dikenal sebagai bintang acara komedi "Extravaganza" dan penyiar radio.


Meski demikian, Anies Baswedan diperkirakan akan segera memberikan pernyataan lengkap terkait dinamika politik Pilkada 2024. 


Dalam sebuah pernyataan singkat pada Kamis malam, Anies menyatakan, "Besok (30/8) saya akan sampaikan penjelasan lengkap ceritanya. Tunggu saja besok. Malam ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah ikut stand by, memikirkan, dan memperhatikan."


Ia juga menambahkan pesan optimistis kepada para pendukungnya, "Saya berterima kasih kepada semua teman-teman. Selalu jaga semangat, kita semua ingin menjaga demokrasi agar tetap sehat."


Meskipun keputusan Anies Baswedan untuk tidak maju di Pilgub Jawa Barat 2024 telah diumumkan, dinamika politik terkait Pilkada di berbagai daerah masih akan terus berkembang, terutama menjelang penetapan kandidat resmi dari KPU.


Informasi ini disadur dari berbagai sumber, bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca setia Eksemplar.com.*