Notification

×

Iklan

Iklan


Ahmad Riza Patria - Marshel Widianto Mundur dari Pilkada Tangsel 2024, Partai Demokrat Alihkan Dukungan ke Benyamin-Pilar

Rabu, 28 Agustus 2024 | Agustus 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-28T03:24:47Z

 

Ahmad Riza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel 2024, Partai Demokrat Alihkan Dukungan ke Benyamin-Pilar
Foto : Kumparan

EKSEMPLAR.COM - Ahmad Riza Patria, bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang sebelumnya diusung oleh Partai Demokrat, secara resmi mengundurkan diri dari kontestasi Pilkada Tangsel 2024. 


Kabar pengunduran diri ini dikonfirmasi oleh Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, dalam keterangannya, Rabu (28/8/2024).


"Informasi mundurnya Pak Ariza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel ini benar," ungkap Kamhar. Pengunduran diri tersebut turut memengaruhi sikap politik Demokrat, yang memutuskan untuk mencabut dukungannya kepada pasangan Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto. 


Sebagai gantinya, Demokrat mengalihkan dukungannya kepada pasangan petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.


Perubahan Dukungan di Menit-Menit Terakhir


Menurut Kamhar, perubahan dukungan pada Pilkada sering kali terjadi di detik-detik terakhir. 


Pada awalnya, Partai Demokrat memang berencana memberikan dukungan kepada pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. 


Namun, rekomendasi tersebut sempat dialihkan ke Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto melalui surat rekomendasi yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), pada Sabtu (20/7/2024).


Surat rekomendasi itu bahkan telah bersifat final, dan formulir B1-KWK juga telah diberikan kepada pasangan Ariza-Marshel. 


Namun, dalam proses pendaftaran Pilkada, dukungan kembali dialihkan ke pasangan Benyamin-Pilar.


"Ini dinamika yang lazim terjadi pada Pilkada. Sering kali ada perubahan dan pergeseran di menit-menit terakhir," tutur Kamhar. 


"Sesungguhnya ini balik ke opsi awal dengan mengakomodir aspirasi struktur partai di seluruh tingkatan serta konstituen Partai Demokrat di Tangerang Selatan," lanjutnya.


Perintah Langsung DPP Demokrat


Sejalan dengan perubahan tersebut, Ketua DPC Demokrat Tangsel, Julham Firdaus, mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima amanah dari partainya untuk menyerahkan formulir B1-KWK terbaru kepada pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.


"Sebelumnya, rekomendasi memang diberikan kepada Riza dan Marshel. Namun, hari ini saya diberikan langsung formulir B1-KWK untuk melakukan komunikasi dan dukungan kepada Pak Ben-Pilar," jelas Julham pada Selasa (27/8/2024).


Julham menambahkan, dinamika politik yang sangat cepat berubah menjadi alasan utama di balik pencabutan dukungan dari Ariza-Marshel. 


Langkah tersebut juga diambil atas instruksi langsung dari DPP Demokrat yang meminta agar DPC memperbarui formulir B1-KWK, yang sudah ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.


"Saya sudah terima surat B1-KWK langsung dari DPP yang ditandatangani oleh ketua umum dan sekretaris jenderal," pungkasnya.


Dampak Bagi Konstelasi Pilkada Tangsel


Dengan pengunduran diri Ahmad Riza Patria dari pencalonannya, peta politik di Tangerang Selatan diperkirakan akan mengalami pergeseran signifikan. 


Dukungan Demokrat kepada Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan semakin memperkuat posisi pasangan petahana tersebut dalam menghadapi Pilkada 2024. 


Sementara itu, publik masih menantikan langkah politik selanjutnya dari Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto setelah keputusan tersebut.


Informasi ini disadur dari berbagai sumber, bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca setia Eksemplar.com. ***