Notification

×

Iklan

Iklan


Baru Saja Kabar Gempa Terkini Dicatat BMKG, Sabtu (6/7/2024), Terpusat di Malang, Jawa Timur

Sabtu, 06 Juli 2024 | Juli 06, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-06T16:51:16Z

 

Baru Saja Kabar Gempa Terkini Dicatat BMKG, Sabtu (672024), Terpusat di Malang, Jawa Timur
Foto : kalteng.tribunnews.com

EKSEMPLAR.COM Malang, Jawa Timur – Gempa bumi berkekuatan 4.4 magnitudo mengguncang kawasan Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 6 Juli 2024. 


Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpusat di 80 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 26 kilometer. 


Guncangan gempa tercatat terjadi pada pukul 20:26 WIB.


BMKG melalui akun resminya memberikan informasi rinci mengenai koordinat pusat gempa, yaitu pada 8.86 Lintang Selatan dan 112.48 Bujur Timur. 


Hingga saat ini, belum ada laporan resmi mengenai kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. 


Pihak BMKG juga mengingatkan bahwa informasi yang disampaikan masih bersifat sementara dan bisa berubah seiring dengan perkembangan data terbaru yang diterima.


Gempa yang terjadi di Malang ini menambah daftar panjang aktivitas seismik di wilayah Jawa Timur, yang dikenal sebagai salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. 


Masyarakat diimbau untuk tetap tenang namun waspada terhadap kemungkinan adanya gempa susulan. 


Selain itu, BMKG terus melakukan pemantauan dan akan memberikan informasi terbaru apabila terdapat perkembangan lebih lanjut terkait aktivitas seismik ini.


Penting bagi masyarakat untuk selalu mengikuti arahan dari pihak berwenang dan memastikan bahwa mereka berada di lokasi yang aman. 


Mengingat Indonesia berada di jalur cincin api Pasifik, kewaspadaan terhadap gempa bumi selalu menjadi hal yang esensial.


Disclaimer: Informasi ini mengutamakan kecepatan penyampaian, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.


Informasi ini disadur dari berbagai sumber, bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca setia Eksemplar.com.*